Pemberian Gelar KRT Dari Sultan Demak

kerabat kraton-www.geteda.comGelar budaya ke-4 tahun 2013 yang dilaksanakan di kraton Glagahwangi Dhimak di Demak Jateng,bertujuan untuk menguri-uri budaya Kesultanan Demak Bintoro.Pagelaran ini dimulai rabu malam kamis (5/6) dengan acara pemberian gelar dari Ratu Syarifa Malaysia kepada DYMM Sultan Suryo Alam dan pemberian cindera mata blangkon dan pin dari DYMM Sultan Suryo Alam kepada juru kunci Keraton Ario Penangsang Cepu.

kraton2 (FILEminimizer) Kemudian dilanjutkan dengan pemberian gelar kekerabatan warga dalem. Pemberian gelar ini di ikuti abdi dalem dari berbagai daerah jawa.Di antara gelar kekerabatan yang diberikan adalah gelar Ki Ageng,Mas Ngabehi,Mas Lurah,Raden Ngabehi,Mas Bekel,Mas Temenggung,Kanjeng Temenggung dan Kanjeng Raden Tumenggung.Ada gelar kekerabatan yang diberikan kepada warga baru dengan gelar Kanjeng Raden Temenggung (KRT) adalah Nur Firdaus Ginting Suka dari Medan,Moh Mukayani (Yani Geteda) dari Blitar,Gus Man dari Banten,Eko Wahyudi dari Mojokerto dan Sadin Subekti dari Surabaya.”Mereka semua telah kami pertimbangkan kelayakannya dan berhak mendapatkan gelar tersebut karena tidak semua bisa mendapatkan gelar ini”ujar Puji Purwito Humas Karaton Glagahwangi Dhimak Demak,Jawa Tengah.

Disamping itu gelar kekerabatan juga diberikan pada sultan nusantara, tokoh nasional mantan Gubernur DKI Jaya Bpk.Sutiyoso, Datuk dari Malaysia,Raja Roma Itali, serta undangan dari Singapura,Filipina dan Thailand. “Pemberian gelar kekerabatan ini dalam upaya untuk menguri-uri budaya Kesultanan Demak Bintoro dan mengumpulkan balung yang berserakan untuk kembali menjadi satu,”ujar DYMM Sultan Suryo Alam Raja Demak.

Usai mengadakan gelar kekerabatan dilanjutkan dengan acara peringatan Isra`Mikraj Nabi Muhammad SAW dan haul Syekh Subakir. Peringatan ini bukan dalam bentuk ceramah sebagaimana pengajian akbar pada umumnya melainkan dalam bentuk pagelaran wayang,dimana ustadnya menyampaikan dengan mengunakan media wayang kulit seperti yang pernah dilakukan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga.

Sumber : Tabloid Posmo,733 Tahun XIII 19 Juni 2013

Klik kotak untuk menyebarkan info ini sebagai Amal baik Anda
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Pemberian Gelar KRT Dari Sultan Demak
Ditulis Oleh : Mas Yani Geteda / Moh Mukayani
Semua artikel Geteda dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta Kekayaan Intelektual - Jika mengutip sebagian atau keseluruhan harap berikan link yang menuju ke artikel Pemberian Gelar KRT Dari Sultan Demak ini atau cukup tulis sumbernya www.geteda.com - Terima kasih atas perhatian Anda dan Salam Hati Nurani