PENGARUH MEDITASI PADA MANUSIA MODERN

cakra

 Penelitian dalam bidang otak mulai menghasilkan bukti nyata atas praktik hening dalam Meditasi yang bisa memperbaiki struktur dan fungsi otak.Hasil terbaru penelitian Richard Davidson seorang ahli ilmu pengetahuan saraf melakukan risetnya tentang Meditasi yang di terbitkan dalam notulen rapat The National Academy of Sciences,membawa konsep “ saraf yang mudah dibentuk” selangkah lebih maju lagi dengan menunjukkan bahwa pelatihan mental melalui Meditasi dengan sendirinya dapat mengubah kerja dalam otak dan aliran-aliran otak. Penemuan-penemuan baru tersebut adalah hasil kerjasama antara Davidson dan Dalai Lama Tibet ( praktisi Meditasi yang terkenal di dunia ).
   Dalai Lama mengutus delapan praktisi Meditasi yang paling terampil ke laboratorium Davidson agar mereka dipasangkan atau dihubungkan dengan pengujian electroencephalograph ( EEG ). Sepuluh orang sukarelawan yang tidak pernah melakukan Meditasi juga di uji. Para praktisi Meditasi dan sukarelawan dihubungkan dengan sebuah jaring dengan 256 sensor elektrik dan diminta bermeditasi dalam jangka waktu pendek. Berpikir dan aktivitas-aktivitas mental lainnya diketahui menghasilkan sedikit ( tetapi dapat ditemukan ) ledakan-ledakan aktivitas elektrik saat sekelompok besar neuron saling mengirim pesan-pesan dan itu dibaca oleh sensor-sensor. Davidson terutama berminat mengukur gelombang-gelombang gamma yaitu gelombang-gelombang elektrik otak yang paling sering terjadi dan paling penting. Para peneliti memilih fokus tersebut karena hal itu tidak memerlukan konsentrasi pada objek, ingatan atau gambar tertentu dan memelihara kondisi pikiran tanpa harus mengubahnya. Davidson mengatakan penelitian tersebut menunjukan dengan jelas bahwa pada orang yang bermeditasi,aktivitas tersebut mampu menggerakkan pikiran-pikiran mereka dengan cara yang jelas-jelas berbeda daripada para relawan yang tidak atau kurang melatih Meditasinya. Dan yang paling penting,elektroda-elektroda membaca pergerakan cepat yang jauh lebih besar dan gelombang-gelombang gamma yang sangat kuat pada orang yang terlatih Meditasinya,serta menemukan pergerakan gelombang-gelombang melalui otak jauh lebih terorganisir dan terkoordinir daripada yang terjadi pada sukarelawan yang tidak bermeditasi.
   Para ahli Meditasi Tibet yang lebih lama berlatih Meditasi mempunyai tingkat gelombang gamma paling tinggi. Pada penelitian-penelitian sebelumnya,aktivitas-aktivitas mental seperti memusatkan pikiran,ingatan,belajar dan kesadaran dihubungkan dengan bertambahnya koordinasi saraf yang ditemukan pada orang yang terlatih Meditasi.Gelombang-gelombang gamma kuat yang ditemukan telah dihubungkan dengan saling bersambungkannya aliran-aliran otak yang berbeda.Gelombang gamma ini juga berkaitan dengan aktivitas mental dan kesadaran yang lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mereka yang rajin melakukan praktek Meditasi akan lebih kuat, tabah, tegar dan lebih cerdas ketika menghadapi suatu masalah,praktek Meditasi juga terbukti sangat berpengaruh pada kemampuan mempertahankan sikap positif dan stabil.
* dipublikasikan oleh Geteda 
www.geteda.com atau www.imc99.blogspot.com

Klik kotak untuk menyebarkan info ini sebagai Amal baik Anda
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : PENGARUH MEDITASI PADA MANUSIA MODERN
Ditulis Oleh : Mas Yani Geteda / Moh Mukayani
Semua artikel Geteda dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta Kekayaan Intelektual - Jika mengutip sebagian atau keseluruhan harap berikan link yang menuju ke artikel PENGARUH MEDITASI PADA MANUSIA MODERN ini atau cukup tulis sumbernya www.geteda.com - Terima kasih atas perhatian Anda dan Salam Hati Nurani