GONDONGAN



     Gondongan ( mumps atau parotitis epidemika ) adalah infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakkan di kalenjar liur yang disertai dengan nyeri. Gondongan jelas sekali berbeda dengan penyakit gondok atau goiter. Penyakit gondok adalah penyakit hormone yang dipicu oleh rendahnya kadar yodium dalam tubuh sehingga mengganggu pembentukan hormone tiroksin pada tiroid. Gondongan sendiri disebabkan oleh infeksi paramiksovirus RNA yang ditularkan melalui percikan air ludah pembawa virus. Cara menginfeksinya tergolong mudah, sehingga penyakit gondongan mudah menyebar dilingkungan yang padat. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak usia sekolah. Masa inkubasi atau masa sejak masuknya kuman ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala adalah 18 hari. Namun hal ini pun merupakan angka yang tidak pasti. Jika daya tubuh korban bagus, malah tidak akan timbul gejala sama sekali.
      Penyakit gondongan diobati secara simtomatis atau ditangani gejalanya. Demamnya diatasi dengan obat penurun panas. Inflamasi atau bengkak ditanggulangi dengan antiinflamasi atau melalui kompres air hangat. Jika suhu tubuh mencapai 37,5 derajat celcius atau lebih, segera minum obat penurun panas. Manfaatkan air hangat untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan kompres di daerah pipi untuk meredakan bengkak. Bengkak pada gondongan akan kempes dengan sendirinya,namun waktu yang dibutuhkan sangat tergantung pada daya tahan tubuh dan ganas tidaknya virus yang menyerang.

Cara Pengobatan Herbal : 

Cara pengobatan ada 2 yang harus dilakukan yaitu dari luar dan dari dalam

Bahan dari luar :
10 ranting muda blimbing wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah

Cara Pembuatan :
Cuci bersih semua bahan lalu ditumbuk halus

Cara Pemakaian :
Balurkan ke bagian tubuh yang sakit

Bahan dari dalam :
Daun meniran 1 genggam, daun sambiloto 10 lembar dan air 3 gelas
Cara Pembuatan :
Cuci bersih bahan-bahan, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi satu gelas air

Cara Pemakaian :
Minum sehari 2 kali sampai sembuh






Klik kotak untuk menyebarkan info ini sebagai Amal baik Anda
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : GONDONGAN
Ditulis Oleh : Mas Yani Geteda / Moh Mukayani
Semua artikel Geteda dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta Kekayaan Intelektual - Jika mengutip sebagian atau keseluruhan harap berikan link yang menuju ke artikel GONDONGAN ini atau cukup tulis sumbernya www.geteda.com - Terima kasih atas perhatian Anda dan Salam Hati Nurani