Osteoporosis

   Proses osteoporosis berkaitan erat dengan metabolisme kalsium tulang. Metabolisme kalsium tulang dalam tubuh diatur oleh beberapa hormone seperti hormone kortisol, tiroksin, hormone pertumbuhan, hormone seks dan metabolit vitamin D. Namun yang paling memegang peran penting pada metabolisme tubuh adalah hormone paratiroid dan metabolit vitamin D. Berbagai hormone tersebut akan memengaruhi pematangan osteoblast sebagai awal terbentuknya tulang.
Massa kalsium dalam tulang seseorang mencapai puncaknya pada usia 35 tahun. Setelah itu, massa tulang menurun sehingga osteoporosis mulai mengancam. Kekurangan kalsium dalam tulang memang merupakan prose salami yang sulit dihindari seiring bertambah usia seseorang. Osteoporosis tidak hanya dialami oleh wanita, pria pun dapat terkena osteoporosis. Namun pada pria jumlah kasusnya lebih rendah daripada perempuan. Kehilangan massa tulang terjadi secara perlahan dalam waktu yang lama. Pada awal menopause biasanya tulang kehilangan massanya hingga 15 % karena pada usia ini produksi hormon estrogen berkurang sehingga mengakibatkan kadar kalsium darah menurun, seiring terhentinya produksi hormon-hormon tersebut maka regenerasi jaringan tulang juga terhenti. Osteoporosis banyak dialami para wanita yang kepadatan tulangnya tidak optimal selama masa pertumbuhan dan sebelum masa menopause datang.
Cara untuk mencegah Osteoporosis :
  1. Konsumsi sayuran kaya kalsium dan vitamin D seperti kubis, lobak, kedelai, ikan salmon, jus jeruk, kuning telur, yoghurt, brokoli dan sayuran hijau. Hindari konsumsi daging dan serat terlalu banyak.
  2. Minum susu kaya kalsium dan vitamin D sehari 2-3 kali
  3. Berolahraga membantu meningkatkan kepadatan tulang. Lakukan olahraga sekurang-kurangnya satu minggu sekali selama setengah jam dibawah sinar matahari antara pukul 7-9 pagi atau sore pukul 4-5
  4. Konsumsi makanan yang mengandung lemak nabati,misalnya kacang kacangan dan biji bijian
  5. Kurangi atau hindari kebiasaan minum kopi, alcohol, rokok dan minuman ringan soft drink
  6. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, dansa, aerobic dan jogging secara teratur.
  7. Hindari stress karena stress akan menghambat penyerapan kalsium serta meningkatkan pengeluarannya.
  8. Untuk menghindari osteoporosis akibat obat-obatan kimia adalah dengan meminimalkan dosis obat kimia yang dikonsumsi, tentu terbayang jumlah residu yang akan tertimbun pada tulang jika konsumsi obat-obatan tersebut berlangsung lama.
Cara Pengobatan Herbal :

Bahan :
100 gram kacang kedelai, 2 sendok the soda kue 0,5 % dan 1 liter air bersih
Perlu diketahui bahwa kedelai mengandung protein, coumestrol, isoflavone, lesitin, xanthine, hypoxanthine, fixed oil, vitamin dan mineral yang kandungannya dapat membantu mengatasi osteoporosis.
Cara Pembuatan :
Bersihkan kacang kedelai. Rendam dalam 1 liter air bersih dan tambahkan soda kue. Biarkan rendaman tersebut selama 10-12 jam. Lalu rebus hasil rendaman dengan air bersih sampai mendidih selama 10 menit setelah dingin,kupas kulitnya dan bersihkan lagi dengan air.
Haluskan kedelai yang sudah bersih menggunakan blender dan tambahkan sedikit air panas. Selanjutnya tambahkan satu liter air ke dalam hasil kedelai yang sudah diblender lalu rebus kembali sambil diaduk-aduk hingga mendidih selama 10-15 menit. Setelah itu saring bubur kedelai lalu peras menggunakan kain kasa. Tambahkan sedikit garam kedalam air perasan lalu rebus kembali hingga mendidih.
Cara Pemakaiannya :
Minum 3 kali sehari, Masing – masing satu gelas

Klik kotak untuk menyebarkan info ini sebagai Amal baik Anda
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Osteoporosis
Ditulis Oleh : Mas Yani Geteda / Moh Mukayani
Semua artikel Geteda dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta Kekayaan Intelektual - Jika mengutip sebagian atau keseluruhan harap berikan link yang menuju ke artikel Osteoporosis ini atau cukup tulis sumbernya www.geteda.com - Terima kasih atas perhatian Anda dan Salam Hati Nurani