MAAG

       Maag atau dyspepsia adalah suatu gangguan pada alat pencernaan yang meliputi lambung, usus dan kerongkongan yang sering dirasakan sebagai adanya gas, rasa penuh, rasa sakit atau rasa terbakar di perut. Penyebabnya adalah terlalu banyak menelan udara sehingga sering bersendawa. Selain itu kebiasaan yang kurang baik seperti makan tidak teratur,kurang istirahat, makanan yang mengandung cuka, radang lambung, makanan pedas atau makan kurang terkunyah lembut. Pola makan yang kurang baik itu dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman jika asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit maag juga bisa disebabkan oleh kuman helicobacter pylori, pada kondisi parah bakteri itu dapat mengakibatkan pendarahan dan maag kronis. Penyebab psikis juga dapat menyebabkan maag yakni banyak memikirkan hal yang berat sehingga menimbulkan kecemasan atau depresi yang berlebihan. Keadaan tersebut membuat seseorang menjadi tidak sempat makan atau makan tidak teratur. Hal ini tidak baik karena pada dasarnya merupakan kesalahan pola piker yang mengutamakan pekerjaan dan meremehkan makan.
Gejala – gejala maag :
  1. Sering mau muntah
  2. Perut terasa nyeri, pedih ( kembung dan sesak ) di bagian atas perut ( ulu hati ). Bahkan pada kondisi tertentu di bagian perut sakit, hingga terasa menusuk hingga ke punggung dan rasa nyeri di lambung yang datang dan pergi
  3. Nafsu makan berkurang secara drastic, wajah putih, suhu badan naik dan keluar keringat dingin.
  4. Sering bersendawa terutama jika dalam keadaan lapar
  5. Sulit tidur karena gangguan rasa sakit di daerah perut
  6. Kepala terasa pusing
Namun untuk sehat tidak cukup hanya dengan herbal, dibutuhkan pengaturan makanan yang baik dan menetralisasi stress. Jenis makanan dan jadwal makan perlu disesuaikan dengan kondisi lambung. Disarankan minum jus yang baik untuk lambung seperti papaya, avokad dan cincau. Makanan juga berperan besar dalam penyembuhan,bubur jadi dalam berbagai bentuk akan melindungi dinding lambung pada saat puasa dan roti gandum akan sangat baik untuk menyerap asam lambung.
Cara Pengobatan Herbal :
Cara 1
Bahan :
Daun avokad 3 – 6 lembar
Cara Pembuatan :
Cuci daun hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air
Cara Pemakaian :
Minum 3 kali sehari sebelum maka
Cara 2
Bahan :
Kunyit segar 50 gram
Cara Pembuatan :
Cuci kunyit hingga bersih dan kupas. Parut dan tambahkan 3 sendok makan air dan aduk hingga merata lalu peras ( dosis ramuan ini untuk sekali minum )
Cara Pemakaian :
Minum ramuan 3 kali sehari

Klik kotak untuk menyebarkan info ini sebagai Amal baik Anda
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : MAAG
Ditulis Oleh : Mas Yani Geteda / Moh Mukayani
Semua artikel Geteda dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta Kekayaan Intelektual - Jika mengutip sebagian atau keseluruhan harap berikan link yang menuju ke artikel MAAG ini atau cukup tulis sumbernya www.geteda.com - Terima kasih atas perhatian Anda dan Salam Hati Nurani